‘Disayangkan Pendidikan Minus Karakter & Peradaban’

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA–Kualitas pendidikan di Jawa Timur (Jatim) masih belum mampu menghasilkan lulusan yang berkarakter dan memiliki integritas keilmuwan yang mumpuni. Ketua Dewan Pendidikan Jatim, Prof Zainuddin Maliki, menilai secara umum, pendidikan sudah cukup bagus. Namun, ia mengakui jika pendidikan karakter belum berhasil diterapkan di sekolah.

Hal itu terbukti dengan banyaknya kriminalitas dan tingkat kesadaran lingkungan di masyarakat yang rendah. “Pendidikan belum mampu menghasilkan karakter dan peradaban yang baik. Kekerasan dan ketidakdisiplinan terus berlangsung di masyarakat. Akibatnya para siswa menganggap hal itu sebagai bentuk kewajaran,” terangnya kepada Republika, Rabu (29/12).

Zainuddin mengkritik semakin banyak sekolah berlabel rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI). Meski begitu, ia mengatakan RSBI masih pada taraf status untuk menaikkan gengsi sekolah, bukan mencerdaskan siswa. Pasalnya, siswa hanya ditekankan pembelajaran di kelas, bukan pada pembentukan karakter.

“Saya sering lihat siswa RSBI masih buang sampah sembarangan, tidak disiplin, dan cuek terhadap lingkungan. Ini terkait mental dan sikap yang tak diajarkan di sekolah. Jadi RSBI tak berhasil menghasilkan siswa yang berkarakter,” ujar Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya tersebut.

Pos ini dipublikasikan di Pendidikan dan tag , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke ‘Disayangkan Pendidikan Minus Karakter & Peradaban’

  1. Agung Rangga berkata:

    saatnya pemda setempat turun tangan…

    http://popnote.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s