Wuih, Aceh Miliki Sekolah Anti-Korupsi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH–Sebuah lembaga swadaya masyarakat (LSM) mendirikan sekolah anti-korupsi untuk memberikan pendidikan dalam investasi dan pemberantasan korupsi. Kordinator Gerakan anti-korupsi (GeRAK) Aceh, Askalani di Banda Aceh, Selasa (21/12), mengatakan, pendirian sekolah itu tidak terlepas dari keresahan atas indikasi masih banyaknya praktik korupsi di Aceh, khususnya di jajaran pemerintahan dari tingkat desa hingga provinsi.

Sekolah Anti Corruption and Investigation Course (ACIC) dengan lamanya pendidikan selama empat bulan itu, untuk angkatan pertama menerima sebanyak 19 siswa, laki-laki dan perempuan dari berbagai kalangan. Ia menilai, Aceh termasuk provinsi dengan kasus korupsi tertinggi di Indonesia, bahkan beberapa bulan lalu Indonesia Corruption Watch (ICW) mencatat bahwa wilayah berjuluk “Serambi Mekkah” itu masuk dalam tiga besar kasus korupsi terbanyak secara nasional.

GeRAK sendiri mencatat dalam dua tahun terakhir ada sekitar 122 kasus korupsi di Aceh dengan nilai kerugian negara tidak kurang dari Rp 600 sampai Rp 700 miliar, kata Askalani. “Dari jumlah itu, Aceh Utara tercatat sebagai kabupaten terkorup dengan jumlah korupsi 12 kasus yang mengakibatkan kerugian negara senilai Rp 220 sampai Rp 230 miliar. Disusul Kabupaten Bireun dan Aceh Tenggara,” tambah dia.

Askalani menyebutkan, perlu kesadaran semua pihak untuk memberantas korupsi, mulai dari pejabat pemerintahan, penegak hukum hingga masyarakat. “Karena itu kami melihat pentingnya menyadarkan masyarakat,” katanya.

Dikatakan sekolah anti-korupsi selain untuk menyadarkan tentang bahaya korupsi dan mengetahui jenis korupsi, juga melatih teknik menginvestigasi kasus korupsi. Askalani mengatakan tenaga pengajar di sekolah anti-korupsi ACIC ada 11 orang terdiri dari aktivis anti-korupsi, akademisi, kepolisian dan kejaksaan dengan masa belajar empat bulan.

Pos ini dipublikasikan di Pendidikan dan tag , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Wuih, Aceh Miliki Sekolah Anti-Korupsi

  1. anang nurcahyo berkata:

    semoga menyebar keseluruh indonesia..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s