Wiih.. Menko Kesra Klaim Sukses Jalankan Program 2010

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA– Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono mengklaim kementerian dan lembaga lain di bawah koordinasinya cukup sukses dalam menjalankan berbagai program sepanjang 2010. “Berbagai program telah dilaksanakan dengan mendulang keberhasilan meskipun masih banyak pekerjaan rumah besar yang menunggu di tahun 2011,” kata Menko Kesra Agung Laksono dalam acara ‘Refleksi Satu Tahun Menko Kesra’ di Jakarta, Rabu (29/12).

Agung menjelaskan, berbagai program yang telah dilakukan kantor kementeriannya serta kementerian dan lembaga lain di bawah koordinasinya sepanjang tahun 2010 di antaranya dalam bidang lingkungan hidup dan pengelolaan bencana, penanggulangan kemiskinan dan perlindungan sosial, pendidikan, kesehatan dan kebudayaan serta kreativitas dan inovasi teknologi.

Dalam bidang lingkungan hidup dan pengelolaan bencana antara lain terbentuknya Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana, penanganan banjir bandang Wasior, Papua Barat, penanganan erupsi Gunung Merapi, penanganan gempa dan tsunami Mentawai. Selanjutnya, kecelakaan tabung gas elpiji tiga kilogram, penanaman satu miliar pohon, pengelolaan daerah aliran Sungai Citarum, pengelolaan wilayah kumuh di sepanjang rel kereta dan bantaran kali Ciliwing, peluncuran program bedah kampung serta percepatan pembangunan Papua dan Papua Barat.

Sementara dalam bidang penanggulangan kemiskinan, kata Agung, di antaranya pembagian beras miskin (raskin), jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas), program keluarga harapan, bantuan operasional sekolah (BOS) serta bantuan dan perlindungan sosial. Selain itu, program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri (PNPM) dan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR).

Dalam bidang pendidikan di antaranya pembangunan karakter bangsa, pendidikan untuk semua, postur anggaran pendidikan dan revitalisasi pendidikan kesehatan. Dalam bidang kesehatan yakni penataan kependudukan, revitalisasi keluarga berencana, Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya Sail Banda 2010, zoonosis serta pencapaian target tujuan pembangunan milenium tentang HIV dan AIDS.

Dalam bidang kebudayaan serta kreativitas dan inovasi teknologi diantaranya pengelolaan warisan budaya, Sail Banda 2010, persiapan Sea Games 2011, penanggulangan pekerja migran terlantar dan tenaga kerja Indonesia bermasalah serta pencegahan dan pemberantasan tindak pidana perdagangan orang.

Menurut Menko Kesra, pekerjaan rumah terbesar bagi kementeriannya pada tahun 2011 adalah dalam bidang penanggulangan kemiskinan. “Pemerintah akan terus melakukan berbagai upaya untuk menurunkan angka kemiskinan menjadi delapan hingga sepuluh persen di tahun 2014,” katanya.

Pos ini dipublikasikan di Breaking News dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s