Berbakti Kepada Orang Tua

Pertanyaan :

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Saya anak ke 5 dari lima bersaudara,semua perempuan kecuali saya anak laki-laki satu satunya di keluarga dan anak bungsu.Saat ini saya sudah berkeluarga dan Alhamdulillah dikaruniai satu anak perempuan berumur 4 tahun. Saya dan anak istri tinggal serumah dengan bapak ibu, karena satu alasan yang prinsip,yaitu berniat untuk menjaga dan merawat kedua orangtua saya karena ibu saya sudah sering sakit-sakitan.

Yang jadi permasalahan adalah ibu saya itu punya sifat keras kepala dan egois,apapun yang dilakukan anak-anaknya selalu salah,semua pengorbanan anak-anaknya tidak pernah dihargai.
Bahkan biaya naik haji yang mahal dan susah payah mendapatkannya yang diberikan kakak sayapun,  ibu tidak pernah berterima kasih.

Meskipun tiap hari saya serumah tapi jarang sekali ngobrol dengan ibu,karena saya takut salah ngomong dan akhirnya pasti jadi ribut.Semua kakak-kakak saya sudah pasrah dengan sifat ibu ,mereka hanya bisa mendo’akan agar ibu saya diberikan kelapangan hati dan kesabaran,tapi saya sebagai anak yang tinggal serumah dengan ibu saya kadang merasakan sangat tersiksa dengan sifat ibu saya yang selalu menang sendiri,egois dan keras kepala.

Ustad,apa yang harus saya lakukan?
Apakah saya termasuk anak durhaka karena sudah menyakiti hati ibu saya?
Insya Allah,semua yang telah saya lakukan dan semua pengorbanan buat orang tua saya,terutama ibu saya,saya sangat ikhlas karena Allah Ta’ala.

Mohon pencerahan dari ustad.

Jazakallah khairan.

Wassalamu’alaikum.

kusworo.

Jawaban

Wa’alaikumsalam warrahmatullahi wabarakatuh
Semoga Allah SWT merahmati kita semua

1.Coba pilih cara terbaik untuk membuat ibu tetap merasa nyaman dengan kondisi sdr. Kalau sdr merasa diam jauh lebih baik maka diamlah

2.Secara umum turuti permintaanya, jauhi hal-hal yang tidak ia sukai, tentu jika semuanya dapat dibenarkan secara syariah

3.Berdoalah selalu agar Allah berikan jalan keluar terbaik

4.Satu hal yang selalu harus diperhatikan dalam hal hubungan dengan orang tua adalah jadilah anak yang membuat orangtuamu bahagia dan nyaman ketika melihat kita, lebih karena akhlaq keilmuan, keberhasilan, maka sdr mudah sekali menjalin komunikasi dengan orang tua.

Ustadz Muchsinin Fauzi, LC
Pertanyaan : ustadz@rol.republika.co.id

Pos ini dipublikasikan di Ustad Menjawab dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s