Tahukah Anda: Omelan Buruk bagi Kesehatan

REPUBLIKA.CO.ID, KOPENHAGEN–Jangan kaget jika pasangan yang salah satu dari mereka gemar mengomel, mati mendadak. Klaim penelitian terbaru menyebut, kegemaran mengomel akan berdampak buruk bagi kesehatan, tepatnya, jantung kita.

Penelitian yang dihajat Universitas Kopenhagen di Denmark menunjukkan, seseorang yang mitra nya memiliki “tuntutan yang berlebihan” secara signifikan dapat meningkatkan risiko seseorang menderita angina – kondisi yang  dapat menjadi pelopor untuk serangan jantung.

“Kekhawatiran serius dari orang lain yang signifikan tampaknya menjadi faktor risiko penting,” kata penulis laporan yang diterbitkan di Journal of Epidemiology and Community Health ini.

Dalam sebuah studi selama enam tahun melibatkan 4.500 pria dan wanita berusia 40 dan 50, mereka meneliti fakrot-faktor yang terkait dengan kebiasaan dan dampak yang ditimbulkan dalam sebuah interaksi suami-istri. Hasilnya, mereka yang memiliki pasangan gemar mengomel dan menuntut berisiko hampir empat kali lipat, sedangkan stres dari anak-anak dan lainnya yang dicintai meningkatkan hampir dua kali lipat risiko serangan jantung.

Mengomentari laporan tersebut, Cathy Ross, seorang praktisi medis di British Heart Foundation, mengatakan: “Ada bukti stres dapat dihubungkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, tetapi mekanisme bagaimana hal ini terjadi adalah tidak jelas dipahami.”

Pos ini dipublikasikan di Kesehatan dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s