MUI: Pelaku Sertifikasi Halal harus Pahami Aspek Syariah

JAKARTA–Semua yang terlibat dalam proses sertifikasi dan kehalalan suatu produk haruslah memahami aspek-aspek syariah. ”Jadi agar para auditor halal di LPPOM MUI Pusat maupun LPPOM MUI Daerah bersama para staf pengurusnya, termasuk juga para Auditor Halal Internal (AHI) di perusahaan-perusahaan yang telah memperoleh Sertifikat Halal, agar mereka semua jangan sampai kosong dari pemahaman aspek-aspek syariah dan wawasan keIslaman,” papar Ichwan Syam, Sekum MUI di Jakarta, Jumat (11/12).

”Karena bagaimana bisa bicara tentang halal sebagai aspek agama kalau kosong atau tidak memiliki pemahaman agama itu sendiri yang menjadi dasar dalam kaidah dan penetapan hukum halal-haram. Kalau tidak memiliki pemahaman agama yang baik, lantas bagaimana pula akan mengamalkannya. Apalagi kalau malah kosong sama sekali dari nilai-nilai keagamaan. Tentu akan sangat berbahaya jadinya,” tandasnya.

Ditambahkan Ichwan Syam bahwa kesemua mereka merupakan benteng kehalalan produk yang dihasilkan dan dipasarkan di Indonesia. ”Lantas, bagaimana mereka bisa menjadi benteng halal, kalau pemahaman agama pada setiap diri individu yang terlibat dalam proses halal ini ternyata lemah atau bahkan kosong,” katanya. Karena menurut Ichwan Syam, ini merupakan aspek ruhiyah yang sangat penting dan menjadi modal yang sangat mendasar. Terutama dalam menentukan dan menjaga kehalalan produk yang ditangani dalam proses audit serta sertifikasi halal bagi para auditor halal, dan dalam menentukan serta menjaga kehalalan produk yang dihasilkan bagi para AHI di perusahaan mereka masing-masing.

Menurutnya, pihaknya berharap agar LPPOM MUI dapat memberikan bekal yang memadai tentang pemahaman syariah dan wawasan keislaman ini. Terutama bagi mereka yang terlibat dalam proses sertifikasi halal di LPPOM MUI, maupun dalam proses produksi halal sebagai AHI di perusahaan masing-masing. ”Pembekalan itu dapat dilakukan melalui training-training yang dilakukan oleh LPPOM MUI, secara berkala maupun insidental. Atau kalau perlu diagendakan dalam program yang khusus untuk hal yang sangat penting ini dengan materi-materi tentang aspek-aspek syariah, pemahaman keagamaan dan peningkatan kondisi ruhiyah,” katanya. osa/taq

Pos ini dipublikasikan di Info Halal dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s