Pandangan MUI tentang Perempuan Mengimami Shalat Jumat

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA–Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengatakan perempuan tidak diperbolehkan menjadi Imam shalat Jumat. Menurut MUI, ijma’ yang dilakukan para ulama di dunia memutuskan perempuan tidak boleh menjadi imam shalat Jumat. “Itu sudah jelas, tidak boleh perempuan menjadi imam,” ujar Ketua Fatwa MUI, Ma’ruf Amin kepada Republika, akhir pekan lalu.

Ma’ruf menilai dengan kondisi apapun termasuk tiadanya laki-laki yang bisa menjadi Imam shalat Jum’at, perempuan tidak boleh menggantikan laki-laki menjadi Imam. Ia menegaskan kembali bahwa hukumnya sudah jelas, meski dalam Alquran tidak terdapat aturan khusus soal perempuan menjadi Imam Shalat Jumat.

“Dalam hadis, Nabi mengajarkan perempuan tidak diperbolehkan memimpin shalat Jumat,” tegasnya. Ia menyebut, perempuan yang memimpin shalat Jumat akan menimbulkan fitnah. Fitnah ini yang dinilainya berbahaya bagi kemaslahatan umat. Karena itu, ia meminta umat Islam untuk berhati-hati menyikapi hal ini. Kata dia, seandainya sebagian masyarakat ada yang merasa ragu atau bertanya-tanya soal itu bisa mendiskusikan itu dengan ulama. “Sekali pun perempuan memiliki pengetahuan agama yang cukup bukan berarti bisa menggantikan laki-laki sebagai imam kecuali memimpin shalat yang makmumnya juga wanita,” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, penulis buku asal Kanada,  Raheel Reza mengimami Shalat Jumat di Oxfor, Inggris. Tak hanya sebatas mengimami, Reza juga menyampaikan khutbah Jumat dan memimpin pembacaan syhadat kepada mualaf. Reza datang ke Oxford atas undangan Dr Taj Hargey, tokoh pendukung Islam liberal yang mendukung diizinkannya perempuan untuk menjadi imam.

Pos ini dipublikasikan di Fatwa dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s