Walah… Publik Prancis Rancu Antara Muslim dan Teroris!

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS–Menteri Luar Negeri dan Urusan Uni Eropa Prancis, Michele Alliot-Marie mengakui publik Prancis memiliki “rasa takut tak terjelaskan” tentang Islam. Mereka, katanya, juga masih bingung dan rancu membedakan Muslim moderat dengan Muslim radikal.

Berbicara setelah jajak pendapat yang menunjukkan tingkat  takut terhadap Islam yang signifikan berpangaruh di Perancis dan Jerman, Alliot-Marie mengingatkan  bahwa Perancis “telah menghindari perangkap yang dibuat oleh Al-Qaeda” pada bulan September 200. Saat itulah, serangan balasan terhadap Muslim meningkat.

“Saya percaya bahwa seseorang tidak takut pada Muslim yang dikenalnya, namun saya bicara tentang umat Muslim secara umum,” ujarnya. Salah satunya, ia mencontohkan, adalah  takut terhadap Muslim tak dikenal di jalan yang sama,” katanya dalam wawancara dengan radio “Europe 1”.

Menurutnya, dialog lintas agama di Prancis harus lebih sering dilakukan. Menurutnya, apa yang dilakukan Presiden  Nicolas  Sarkozy dengan Dewan Prancis untuk Agama Islam (CFCM) yang mulai digagasnya saat masih menjabat sebagai menteri dalam negeri dan kepercayaan adalah sukses besar. Ia mencontohkan dialog intens yang dilakukan antara komunitas Muslim dan katholik yang terus terjalin hingga saat ini.

Jajak pendapat yang dipublikasikan Selasa oleh harian Perancis  Le Monde  menunjukkan bahwa 40 persen orang Perancis dan Jerman merasa  identitas nasional mereka diancam oleh Islam.

Pos ini dipublikasikan di Ensiklopedi Islam dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s