Surga di Dunia, Surga di Akhirat

Judul buku: Ada Surga di Rumahku
Penulis: Amru Khalid
Penerbit: Khatulistiwa Press
Cetakan: I, Maret 2010
Tebal: xii + 305 hlm

REPUBLIKA.CO.ID, Seorang ulama mengungkapkan sebuah kata mutiara yang indah, “Sesungguhnya di dunia ini terdapat sebuah surga. Barangsiapa yang belum memasukinya, maka dia tidak akan masuk ke dalam surga akhirat.” Surga di dunia yang dimaksudkan oleh ulama tersebut adalah surga keluarga dan kerukunan yang terjalin erat di dalamnya.

Ada pula ungkapkan yang sangat mendalam, “Kalau ada surga di dunia, itulah keluarga yang bahagia. Dan kalau ada neraka di dunia, itulah keluarga yang berantakan.”

Kedua ungkapan di atas sangat cocok dengan topik yang diangkat oleh Amru Khalid, da’I kondang asal Mesir, dalam buku yang aslinya berjudul “Al-Jannah fii Buyuutinaa” ini. Buku yang diindonesiakan dan diterbitkan oleh Khatulistiwa Press ini menyajikan 16 bab yang semuanya bermuara pada bagaimana membangun  sebuah keluarga bahagia. Bukan hanya keluarga kecil yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak, tetapi mencakup juga keluarga besar dan bahkan karib kerabat.

Dalam menulis buku ini, da’I paling berpengaruh  di dunia  versi The New York Times ini tidak mau terjebak pada bahasan detil tentang problematika suami-istri atau sebuah rumah rumah tangga, tetapi lebih focus pada solusi masalahnya. Peraih predikat urutan ke-13 ‘orang paling berpengaruh di dunia’ versi Majalah Time itu memberi banyak tips praktis untuk mengatasi problema actual di dalam keluarga Muslim.

Dari seluruh tips yang diberikan oleh peraih urutan ke-6  ‘intelektual paling berpengaruh di dunia’ versi Majalah Prospect itu , kata kuncinya terletak pada kasih saying. Yakni, bagaimana menumbuhkan kembali kasih saying  antara suami dan istri, orang tua, dan anak, serta  di antara seluruh karib kerabat. “Kami akan memberikan kunci-kunci sukses dalam mengembalikan keutuhan rumah tangga yang retak dan menghidupkan kembali rasa kasih saying  di dalamnya.” (hlm 3)

Salah satu hal yang ditekankan oleh penulis, dan merupakan kaidah pokok untuk menciptakan surga di rumah adalah  beribadah secara berjamaah. Ada lima ibadah yang sangat penting dilakukan secara berjamaah, yakni membaca Al-Qur’an, shalat, berzikir, berdoa, dan makan.

Seperti ditegaskan sendiri oleh penulisnya, buku ini ditujukan untuk seluruh anggota keluarga. Ayah, ibu, dan anak (pemuda  dan gadis), semuanya perlu membaca buku ini, agar secara bersama-sama mampu menciptakan rumah yang seindah surga, tidak hanya di dunia, melainkan juga di akhirat. “Rumah Anda merupakan tempat kebahagiaan yang utama di bumi ini.

Satu hal yang paling kita impikan adalah dapat menjadikan rumah kita ini ibarat surga dunia. Yakni surga yang insya Allah akan mengantarkan kita masuk ke dalam surga Alah SWT yang hakiki kelas, di akhirat nanti.”

Pos ini dipublikasikan di Pustaka dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s