Studi Buktikan Biaya Anak Perempuan Lebih Mahal Dibanding Laki-laki

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON–Mungkin disebabkan pakaian atau les menari yang mahal. Namun, sebuah studi menunjukkan, membesarkan anak perempuan lebih mahal dibandingkan anak laki-laki.

Peneliti menemukan, orangtua rata-rata menghabiskan uang lebih banyak 2.126 pondsterling atau sekitar Rp 28 juta per tahun untuk pakaian, sepatu, hadiah, aktivitas dan klub olahraga untuk gadis kecilnya. Angka total dari peneliti Inggris tersebut yaitu sekitar  28.439 pondsterling atau sekitar Rp 373 juta pada usia 5-18 tahun.

Namun, anak laki-laki juga akan menghabiskan biaya sekitar 1.999 pondsterling atau sekitar RP 26,5 juta atau sekitar Rp 345,9 juta selama 13 tahun.

“Semua orang memahami membesarkan anak sangat mahal. Namun sangat menarik untuk melihat hasil penelitian yang mengungkap anak perempuan menghabiskan lebih banyak biaya,” ujar Ed Bowsher, seorang konsultan keuangan pada situs lovemoney.com yang melakukan penelitian.

“Saya yakin sangat umum jika seorang anak perempuan menyukai pakaian dan fesyen. Sayangnya, hal itu bukan waktu yang tepat jika Anda baru memulai keluarga, terutama jika keluarga Anda memiliki banyak anak perempuan,” katanya.

Ed menambahkan, ketika anak perempuan mencapai usia dewasa muda, sebagian besar orangtua akan membayar biaya belajar mengemudi dan membelikan mobil pertamanya.

Penelitian yang dilakukan terhadap lebih dari tiga ribu orangtua itu mengungkap, biaya terbesar yang dikeluarkan yaitu untuk kegiatan hobi dan klub olahraga.

Setiap tahun, orangtua dari anak laki-laki membayar biaya keanggotaan atau les mulai dari 556-7.223 pondsterling atau sekitar Rp 7,39 juta hingga Rp 93, 13 juta untuk masa anak-anak. Sementara itu, untuk anak perempuan biaya yang dikeluarkan per tahun rata-rata 603-7,846 pondsterling atau sekitar Rp 8-105,12 juta.

Secara rata-rata, anak laki-laki mendapatkan yang saku sebesar 2.061 pondsterling atau sekitar 27,65 juta antara usia 4-18 tahun, sedangkan anak perempuan menerima lebih dari 2.162 pondsterling atau Rp 28,96 juta.

Selain itu, biaya pakaian anak perempuan selama masa anak-anak lebih dari 2.029 pondsterling atau sekitar Rp 27,18 juta dibanding anak laki-laki yang biayanya rata-rata 1,891 pondsterling atau sekitar Rp 25 juta.

Orangtua juga biasanya membelanjakan uang lebih banyak untuk seragam sekolah dan perlengkapan olahraga, serta aksesoris seperti topi dan tas.

Pos ini dipublikasikan di Pendidikan dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s