Semarak Buku-buku Islam di Malaysia

Para penerbit buku-buku Islam Indonesia dan penulis Indonesia patut berterima kasih kepada Afifah Emir (53 tahun). Wanita berdarah campuran Malaysia dan Turki yang tinggal Shah Alam, Selangor, Malaysia itu adalah pemilik Almas Kitab. Perusahaan tersebut adalah distributor dan pengedar buku buku-buku asli yang diterbitkan oleh para penerbit Indonesia. Baik karya asli maupun karya para ulama Timur Tengah yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan diterbitkan oleh para penerbit Indonesia.

“Kami hanya mengimpor buku-buku asli yang diterbitkan para penerbit Indonesia untuk dipasarkan di Malaysia. Sebab, buku-buku tersebut cover, tampilan maupun isinya bagus, dan bahasanya (bahasa Indonesia) pun mudah dimengerti oleh masyarakat Malaysia,” kata Afifah Emir saat berbincang dengan Republika di arena Kuala Lumpur International Bookfair (Pesta Buku Antarbangsa Kuala Lumpur) ke-29 di Putra World Trade Center (PWTC) Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (27/3). Pameran tersebut digelar tanggal 19-28 Maret 2010.

Ia menambahkan, dalam kurun waktu dua tahun terakhir, pihaknya telah mengimpor dan mengedarkan sekitar 500 judul buku dari Indonesia. “Saat ini, rata-rata kami mengimpor sekitar 30 judul buku baru dari Indonesia setiap bulan. Mula-mula satu judul sekitar 30-40 eksemplar. Sekarang rata-rata 200-300 eksemplar, bahkan sampai 500 eksemplar per judul,” tutur Afifah yang membuka stan di Gerai A12, Ruang Legar PWTC.

Hingga saat ini Almas Kitab telah menandatangani kerjasama dengan lebih  10 penerbit Indonesia. Antara lain, Al-Mawardi Prima, Akbar Media, Khatulistiwa, Embun,  Hidayah, Al-Qowwam, Al-Aqwam, Citra Media, Ziyad, dan  Mizan. “Kami juga sudah mencapai kesepakatan dengan Al-Kautsar dan Serambi, tinggal tanda tangan saja,” kata Afifah yang didampingi suami, Omar Mansur, dan kedua anaknya (Lutfi dan Aiman).

Adapun buku-buku terbanyak yang diimpor dan dipasarkan oleh Almas Kitab adalah fiqih dan ibadah, sirah, tazkiyatun nafs, hadis, shalat, zikir dan shalawat, serta thibunnabi (pengobatan cara Nabi). “Buku-buku seperti itu yang paling banyak dicari oleh masyarakat Malaysia. Dan buku-buku seperti itu tidak ada matinya,” ujar Afifah yang berkunjung ke Indonesia rata-rata lima sampai enam kali dalam setahun, terutama menghadiri Islamic Book Fair (IBF) dan Pesta Buku Jakarta.

Selain menjual buku-buku dari Indonesia  di toko buku miliknya sendiri di Selangor, Afifah juga mendistribusikan buku-buku tersebut ke lebih 50 toko buku yang tersebar di seluruh Semenanjung Malaysia. Seperti Johor, Pahang, Kelantan, Penang, Kedah, dan Perak. “Bahkan toko buku Gramedia Malaysia juga tertarik untuk membeli buku-buku dari Indonesia kepada Almas Kitab,” papar Afifah yang merintis toko bukunya sejak lima tahun silam, antara lain melalui jalur pengajian di Pusat Islam Shah Alam Selangor.

Stan Almas Kitab di Pesta Buku Antarbangsa Kuala Lumpur dipenuhi seluruhnya oleh buku-buku dari Indonesia. Seperti Allah Sang Tabib (Dr Briliantono M Soenarwo), Sehat Tanpa Obat (Dr Briliantono M Soenarwo dan KH Rusli Amin MA), Shahih Fiqih Wanita (Syaikh Muhammad Al-Utsaimin), Riyadhus Shalihin (Imam Nawawi), dan Rahasia Kematian, Alam Akhirat dan Kiamat (Imam Qurthubi).

Selain itu, Mukjizat Asmaul Husna (Ustadz Syaifuddin Ad-Dawamy), Rahasia Doa-doa Dalam Al-Qura’an (Ustadz Syamsuddin Noor), Meraih Cinta Ilahi (Syekh Abdul Qadir Jaelani), Secret of Taubah (Imam Ghazali), Al-Wafa (Ibnul Qaayim Al-Jauziyah), 165 Kebiasaan Nabi (Abduh Zulfidar Akahar), dan Hati Sebening Mata Air (Amru Khalid).

“Salah satu bintang di stan kami adalah buku Allah Sang Tabib dan Sehat Tanpa Obat. Kedua buku tersebut sangat laris. Karena itu, kami mendatangkan Dr Briliantono dan KH Rusli Amin untuk mengadakan jumpa penulis dan book signing tanggal 26 dan 27 Maret 2010,” tutur Afifah.

Pos ini dipublikasikan di Pustaka dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Semarak Buku-buku Islam di Malaysia

  1. mohlison berkata:

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Salam Silaturahmi, semoga tetap Istiqomah selalu. Amiin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s