Anak tanpa Pengasuhan Orangtua Rawan Gangguan Kesehatan

Anak-anak yang dibesarkan oleh kerabat, bukan orang-tua mereka, menghadapi peningkatan risiko gangguan kesehatan mental dan fisik, kata beberapa peneliti AS.

Para peneliti di University of Rochester School of Medicine and Dentistry mengambil kesimpulan tersebut setelah menganalisis data dari lebih 91.999 anak yang termasuk di dalam survei nasional 2007, demikian laporan HealthDay News, Minggu, sebagaimana dikutip dari Xinhua-OANA.

Studi tersebut membandingkan anak-anak yang tinggal bersama kerabat mereka dengan anak yang dibesarkan setidaknya oleh salah satu dari orang-tua kandung mereka.

Temuan itu memperlihatkan bahwa anak-anak yang tinggal bersama kerabat mereka, yang disebut “perawatan kerabat”, memiliki kesehatan mental dan fisik yang secara keseluruhan buruk.

Dibandingkan dengan anak-anak yang tinggal bersama orang-tua mereka, anak di dalam “perawatan kerabat” lebih mungkin adalah orang kulit hitam yang berusia di atas 9 tahun, memiliki asuransi kesehatan masyarakat dan tinggal di rumah tangga dengan penghasilan pada atau mendekati angka kemiskinan, kata para peneliti itu.

Seperti mereka yang tinggal di tempat perawatan, anak yang tinggal di dalam “perawatan kerabat” mengalami sejumlah masalah kesehatan, demikian kesimpulan studi tersebut.

“Anak-anak yang tinggal di perawatan kerabat memiliki keperluan perawatan yang lebih khusus, gangguan kesehatan mental seperti gangguan hiperaktif/penurunan perhatian dan depresi dan gangguan gigi dibandingkan dengan anak-anak yang tinggal bersama orang-tua mereka,” kata pemimpin peneliti Dr. Sara B. Eleoff di sekolah tersebut.

“Anak-anak ini dan keluarga mereka mungkin memerlukan dukungan dan layanan tambahan,” kata Eleoff.

“Oleh karena itu, penyedia perawatan kesehatan, pendidik dan lembaga kesehatan masyarakat mesti menanyakan tentang situasi hidup anak-anak dan mempertimbangkan risiko keperluan khusus di kalangan anak-anak dalam perawatan kerabat,” katanya.

Sebanyak 2,8 juta anak di Amerika Serikat diperkirakan tinggal di dalam “perawatan kerabat”, dan sebanyak 800.000 di tempat perawatan umum.

Pos ini dipublikasikan di Pendidikan dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Anak tanpa Pengasuhan Orangtua Rawan Gangguan Kesehatan

  1. Mengapa koq bisa seperti itu ya? Dan dukungan dan layanan tambahan apalagi yg masih kurang dari “perawatan kerabat”

    Menarik tuh …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s