Menyenangkan, Kunci Menarik Minat Remaja Berolahraga

LONDON–Remaja rupanya butuh stimulus untuk berolahraga. Stimulus itu berupa hal yang sangat begitu mendasar, yakni, ketertarikan. Tanpa adanya ketertarikan mustahil para remaja segera bergegas untuk berolahraga.

Sebuah studi yang dipublikasikan British of Journal Psikology menyebutkan cara terbaik mengajak para remaja untuk berolahraga adalah adanya rasa senang dan ketertarikan.

“Riset yang kami lakukan menunjukan para remaja berolahraga lantaran mereka mengharapkan adanya manfaat secara psikologis ketimbang manfaat kesehatan,” tukas salah seorang peneliti asa Universitas Leeds, Reema Sirriyeh kepada British Psychologycal Society seperti dikutip dari Healthday, Ahad (21/2).

Sebelumnya, riset yang melibatkan 128 siswa dengan rentang usia 16 hingga 19 tahun ini memberikan semacam pesan harian tentang olahraga. Dari hasil analisa peneliti dari setiap pesan yang ditangkap para remaja ini terungkap bahwa sebagian siswa menerima pesan yang menyatakan olahraga itu menyenangkan.

Sementara, siswa lainnya menangkap pesan yang menyatakan berolahraga akan memberikan manfaat nyata bagi kesehatan. Sisanya, mereka menangkap pesan keduannya.

Dari riset itu, peneliti dapat menyimpulkan, level aktivitas para siswa ini rata-rata 31,5 menit perminggu usai menerima pesan selama dua minggu. Sedangkan remaja aktif yang menangkap adanya manfaat psikologis dari olahraga yang mereka lakukan ternyata menghabiskan waktu rata-rata 2 jam per minggu.

“Data statistik dari British Hearth Foundation menunjukan, perempuan pada usia 16 tahun ke atas mengalami penurunan aktivitas fisik,” catat Siriyeh.

“Sayangnya, permulaan daripada pembentukan prilaku sehat dimulai ketika remaja. Sangat penting bagi para remaja memiliki bentuk prilaku sehat sedari awal,” tambahnya.

Pos ini dipublikasikan di Pendidikan dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s