Penanganan Anak Cerdas Istimewa Indonesia Belum Optimal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Indonesia memiliki banyak anak cerdas istemewa, namun hanya sedikit saja yang dapat ditangani. Wakil Menteri Pendidikan Nasional, Fasli Jalal, mengatakan kelas akselerasi hanyalah salah satu cara mengembangkan potensi anak cerdas itu. “Diperlukan juga peran orangtua untuk memberikan pengayaan kepada anak supaya potensinya dapat lebih berkembang,” ujar Fasli, kepada Republika, Kamis (16/12).

Selain orangtua, menurut Fasli guru harus memupuk potensi anak cerdas istimewa tersebut. Fasli mengatakan meskipun sekolah tidak memiliki kelas akselerasi, seorang guru dapat memberikan kelas khusus sebagai kelas tambahan untuk melatih kemampuan siswa cerdas tersebut.

“Perlu dibuatkan program khusus yang disesuaikan bakat,” paparnya.

Kalau perlu, kata Fasli, anak cerdas istimewa itu dimasukkan ke sekolah khusus anak-anak yang memang memikili IQ tinggi. “Atau masuk sekolah untuk bakat tertentu, seperti menari, melukis, dan yang lainnya,” tutup dia.

Pos ini dipublikasikan di Pendidikan dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s