Hindarkan si Buyung dari Kafein, Kenapa?

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON–kafein mungkin bagus untuk jantung bagi orang dewasa, kalau dikonsumsi secara wajar. namun bagi anak-anak, konsumsi kafein tak dianjurkan. Tiga perempat anak usia 5 sampai 12  tahun yang mengkonsumsi kafein, akan  tetap terjaga  di malam hari, menurut sebuah penelitian baru yang dipublikasi dalam Journal of Pediatrics.

Anak usia 5 sampai 7 tahun yang mengonsumsi sekitar 52 miligram kafein per hari, dan anak-anak usia 8 sampai 12 tahun yang mengonsumsi sekitar 109 miligram, setara dengan hampir tiga kaleng  soda per hari. Itu jauh lebih tinggi daripada jumlah kafein terkait dengan efek pada orang dewasa.

Semakin banyak kafein dikonsumsi anak-anak, semakin sedikit mereka tidur, studi menunjukkan. Namun kafein tidak berhubungan dengan mengompol. Kurangnya jam tidur pada anak-anak merugikan kesehatannya dan terkait dengan performa mereka di sekolah.

“Saya menyarankan bahwa orang tua  bijaksana dan mengatur jumlah  mengkonsumsi kafein pada anak-anak,” kata penulis studi, William J Warzak PhD, seorang profesor psikologi di departemen pediatri di University of Nebraska Medical di Omaha. “Kafein tidak akan berakibat buruk bagi mereka asal konsumsinya dibatasi,” katanya.

Asal Anda tahu, kafein tak hanya ada dalam minuman kopi. Minuman ringan dan minuman bersoda yang digemari anak-anak juga mengandung kafein.  

“Sebagian besar penelitian tentang efek kesehatan dari kafein berkaitan dengan orang dewasa  dan sangat sedikit yang berkaitan dengan anak-anak,” katanya. “FDA belum menetapkan jumlah yang dianjurkan mengenai konsumsi kafein pada anak-anak, walaupun pemerintah Kanada telah menerbitkan pedoman tersebut.”

Warzak dan rekannya meneliti 201 orang tua anak usia 5 sampai 12 tahun di klinik rawat jalan perkotaan. Orang tua melaporkan informasi tentang makanan sehari-hari anak-anak, termasuk apa yang mereka minum dan makanan ringan yang dikomsumsi. Mereka juga melaporkan informasi tentang tidur anak mereka dan sejarah mengompol.

Pos ini dipublikasikan di Kesehatan dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s