Berpuasalah, Maka Kualitas Kesehatan Anda Meningkat

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Pakar Gizi pada Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (FEMA IPB), Dr Ikeu Tanziha, Selasa (23/8), di Bogor mengatakan, puasa dapat meningkatkan kualitas kesehatan seseorang. “Puasa dapat meningkatkan kualitas kesehatan. Semakin sering puasa akan semakin bagus dampaknya bagi kesehatan,” kata Ikeu Tanziha.

Ikeu Tanziha mengemukakan, dalam Islam puasa selain sebagai kewajiban ibadah juga sebagai aktivitas yang dapat membantu peningkatan kesehatan seseorang. Ia mengutip sebuah hadits Rasulullah SAW, bahwa puasa dapat menjadikan tubuh sehat. ‘Sumuu tasihhu.’ Begitu bunyi hadits Rasul, yang artinya “Puasalah, niscaya kalian akan sehat.”

Lebih lanjut Dr Ikeu Tanziha menyampaikan, dalam ilmu gizi puasa juga dapat berfungsi sebagai detoxifikasi atau proses penghilangan racun dalam tubuh, sehingga sangat baik untuk dilakukan. “Puasa sangat baik bagi kesehatan. Puasa dapat membunuh racun-racun yang terdapat di dalam tubuh,” ungkapnya.

Menurut Ikeu, dalam tubuh setiap orang terdapat racun yang berpotensi menurunkan kesehatan. Pelaksanaan puasa dapat membunuh racun tersebut, sehingga stamina tubuh tetap bagus. Terkait makanan yang harus dikonsumsi ketika berpuasa, Ikeu Tanziha menyarankan untuk tetap mengonsumsi makanan yang bergizi, berimbang, beragam juga aman dan halal.

Selain itu dalam mengonsumsi makanan sebaiknya tidak memperbanyak karbohidrat, akan lebih baik mengonsumsi makanan dengan kadar protein tinggi dan sayur mayur dan buah karena protein dan buah-buahan juga sayur tidak mudah terserap oleh tubuh sehingga akan menahan rasa lapar agak lama.

Sementara itu apabila mengonsumsi banyak makanan yang mengandung gula, karbohidrat akan terangsang insulin keluar dan akan menurunkan glukosa dalam darah sehingga akan cepat merasa lapar lagi. Dr.Ikeu menyampaikan pentingnya untuk menciptakan lingkungan yang baik dan motivasi yang kuat harus selalu ditanamkan pada anak-anak sejak dini.

Pos ini dipublikasikan di Kesehatan dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s